Tips Mencapai Berat Badan Ideal Agar Dapat Hamil dengan Aman

Berat badan yang berlebihan sebelum kehamilan dapat meningkatkan risiko serangkaian komplikasi, mulai dari tekanan darah tinggi hingga gangguan fungsi jantung hingga aborsi spontan. Karena itu, setiap wanita yang ingin hamil harus menjaga berat badan idealnya.

Kiat untuk mencapai berat badan ideal yang aman untuk kehamilan

Anda dapat mencapai berat badan ideal sebelum kehamilan dengan menyesuaikan pola makan, menjalani gaya hidup sehat, dan memantau kenaikan berat badan. Berikut adalah serangkaian saran yang dapat Anda ikuti:

  • Mulai sesegera mungkin

Bagi kebanyakan wanita, mencapai berat badan ideal sebagai persiapan untuk kehamilan tidaklah mudah. Selanjutnya, Anda tidak dapat memprediksi kapan Anda akan memasuki kuartal pertama. Karena itu, perlu untuk memulai proses ini sesegera mungkin.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, segera perbaiki pola makan dan gaya hidup Anda jauh sebelum merencanakan kehamilan. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menurunkan berat badan menuju ideal.

  • Berlatih secara teratur

Jika Anda berencana untuk hamil, Anda akan disarankan untuk berolahraga intensitas sedang selama 30 menit sehari. Lakukan hingga 5 hari seminggu, atau setiap hari jika memungkinkan.

Untuk membiasakan diri dengan latihan, Anda dapat membagi sesi latihan dalam sehari menjadi 2-3 kali. Setiap sesi berlangsung 10-15 menit. Jenis-jenis latihan yang dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal Anda meliputi:

  1. Berjalan kaki
  2. Joging di treadmill atau di permukaan trek datar
  3. sepeda
  4. Aerobik atau menari
  5. Naik tangga
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi

Sambil menunggu kehamilan, mulailah membatasi konsumsi makanan cepat saji, junk food atau gorengan. Makanan-makanan ini biasanya tinggi kalori dan dapat mempersulit tujuan berat badan ideal Anda untuk hamil dengan aman.

Juga kurangi konsumsi minuman manis, seperti minuman bersoda, tusuk buah, es teh dengan banyak gula dan minuman berenergi. Sebaiknya, pilih air mineral, jus buah tanpa tambahan gula atau teh panas dengan sedikit madu.

  • Makan camilan sehat

Camilan sehat dapat membantu ibu masa depan menambah berat badan dengan aman. Sebaliknya, camilan yang kaya gula dan lemak jenuh hanya menyediakan kalori ekstra yang dapat menghalangi niat Anda untuk mencapai berat badan ideal untuk kehamilan yang aman.

Batasi camilan seperti kue, donat, pai, permen, keripik, sirup, madu kemasan, dan camilan dengan pemanis tambahan. Pilih camilan alami atau rendah kalori seperti buah segar, yogurt rendah lemak atau kue dengan sedikit gula.

  • Pantau pertambahan berat badan

Pertambahan berat badan selama kehamilan adalah hal yang wajar untuk mendukung perkembangan janin. Tapi tentu saja bukan tur yang tidak terkendali. Jumlah kenaikan berat badan tergantung pada berat badan sebelum kehamilan. Misalnya, ibu dengan berat badan normal disarankan untuk menambah berat badan hingga 11,5-16 kilogram.

Berat badan di luar kisaran ini termasuk dalam kategori kelebihan. Jadi pastikan untuk mencatat berat badan Anda sebelum kehamilan dan kenaikannya selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter jika penambahan berat badan tidak sesuai.

Ada berbagai cara untuk mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan, salah satunya adalah memiliki berat badan ideal terlebih dahulu. Ini tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan janin, tetapi juga untuk kesehatan ibu.

Persiapkan diri Anda dengan baik sebelum memulai program kehamilan sehingga hasilnya lebih optimal. Mulailah dengan menentukan berapa banyak Anda harus kehilangan jika Anda kelebihan berat badan. Jadi, terus tingkatkan pola makan dan gaya hidup Anda.

Baca juga :