Minum Obat TBC

Masa pengobatan TB yang panjang yang dapat berlangsung dari 6 hingga 9 bulan membuat pasien sulit untuk dapat minum obat secara teratur. Dan jika Anda lalai mematuhi aturan minum obat untuk TBC, ada konsekuensi yang lebih berbahaya.

Pasien memiliki potensi untuk mengalami efek resistensi obat sehingga antibiotik yang sebelumnya diberikan tidak dapat lagi menghentikan infeksi tuberkulosis bakteri. Kondisi ini juga dikenal sebagai penyakit TB yang resisten. Resistansi TB menular seperti halnya TB aktif. Efek resistensi memperpanjang periode pemulihan dengan risiko efek samping yang bahkan lebih serius.

Oleh karena itu, perlu memiliki disiplin yang tinggi ketika menjalani pengobatan untuk TBC. Agar tidak lupa atau kehilangan asupan obat, Anda dapat mengikuti saran untuk mematuhi aturan pengobatan TB berikut ini!

Minum Obat TBC


Aturan untuk minum obat tuberkulosis harus selalu sesuai jadwal

  1. Minumlah obat pada waktu yang sama setiap hari

Sebelum Anda mulai minum obat, pastikan Anda memahami aturan penggunaan obat TB.

Dokter biasanya tidak akan secara spesifik menentukan waktu obat harus digunakan, tetapi mereka akan mencoba untuk menetapkan waktu yang ditentukan. Misalnya, tepat setelah makan siang atau ketika Anda pergi tidur. Lakukan berulang kali sampai Anda terbiasa.

Selain memperhatikan waktu yang direkomendasikan oleh dokter Anda, ketahuilah berapa banyak dosis yang dibutuhkan dan efek samping dari obat tuberkulosis

  1. Tempatkan di area yang mudah terlihat

Cara lain untuk tidak melupakan aturan minum obat untuk tuberkulosis adalah dengan memanfaatkan penggunaan kotak pil. Penggunaannya sangat bermanfaat bagi orang yang mengonsumsi obat-obatan secara teratur setiap hari.

Selain disimpan pada suhu normal, pastikan untuk menyimpan kotak obat di tempat yang mudah diakses. Kotak pil dapat diperoleh dengan mudah di apotek atau di supermarket, pilih ukuran kecil sehingga lebih praktis jika dibawa pergi.

  1. Masukkan pengingat pada perangkat, jam dan di sekitar ruangan

Manfaatkan fitur pengingat pada perangkat Anda hampir setiap kali Anda menggunakannya. Aktifkan alarm di ponsel, laptop, hingga jam dan sesuaikan waktu kapan Anda harus minum obat.

Saat ini, ada beberapa aplikasi kesehatan yang tidak hanya membantu Anda ingat untuk minum obat, tetapi juga mencatat jumlah dosis yang Anda ambil.

Anda juga dapat memberi peringatan tentang aturan minum obat tuberkulosis di ruangan tempat Anda beristirahat dan melakukan aktivitas. Demikian pula di beberapa daerah yang mudah terlihat, seperti cermin dan lemari es.

Juga, jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga, teman atau kolega, untuk mengingatkan Anda. Dukungan moral dari orang-orang di sekitar Anda juga baik untuk proses penyembuhan Anda.

  1. Gunakan kalender untuk merekam durasi perawatan

Setiap hari, setelah berhasil mengikuti aturan asupan obat TB, tanda ditempatkan dengan benar di kalender. Ini berguna untuk mencatat berapa lama Anda menjalani pengobatan TBC. 6-9 bulan bukan periode yang singkat. Anda mungkin tidak yakin bahwa Anda minum obat setiap hari selama waktu itu tanpa pernah mencatat.

Metode ini juga dapat membantu Anda merencanakan aturan pengobatan TB di masa depan, cara menentukan kapan obat akan habis dan kapan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter lagi.
Ini harus dilakukan jika Anda lupa minum obat TBC

Anda tidak perlu khawatir jika Anda lupa minum obat. Anda dapat melanjutkan perawatan dengan minum obat pada waktu yang dijadwalkan berikutnya. Namun, jika Anda belum minum obat lebih dari sekali seperti yang diharapkan, Anda harus segera menghubungi dokter Anda sebelum minum obat berikutnya.

Baca Juga :