Cara Mandi yang Benar Agar Kulit Putih Dan Tampak Cerah

Rajin mandi tidak lantas membuat kulit memutih saat itu. Namun, cara mandi yang benar bisa menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih putih dan bersih. Lantas bagaimana cara mandi yang benar agar kulit terlihat lebih putih?

Cara yang tepat untuk mandi agar kulit terlihat putih

Mandi benar-benar dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Tapi Anda perlu tahu tips dan triknya. Mulai dari pengaturan suhu air, dari cara menggosok tubuh dan dari produk pembersih tubuh yang Anda gunakan.

Berikut ini sejumlah metode kamar mandi yang disesuaikan dengan kulit putih.

Mandi air dingin

Jika Anda ingin memiliki kulit putih berkilau, solusinya adalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin untuk sementara waktu dapat membatasi pembuluh darah di kulit sehingga mengurangi pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Menutup pori-pori juga bisa mencegah masuknya kotoran. Kotoran adalah penyebab utama kulit kusam. Kulit yang selalu bersih dari kotoran akan membuat Anda terlihat lebih putih dan cerah.

Gosok kulit sebelum mandi

Menggosok kulit sebelum mandi adalah cara yang tepat untuk membuat kulit terlihat lebih putih. Proses ini akan menghilangkan lapisan sel kulit mati. Kulit dapat beregenerasi dan lapisan atas selalu penuh dengan sel-sel sehat baru.

Gunakan pel yang terbuat dari serat alami. Pilih kuas dengan pegangan panjang sehingga bisa menjangkau seluruh tubuh Anda. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah ini:

  • Mulailah menggosok telapak kaki Anda, lalu naik.
  • Gosok kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  • Gosok dengan lembut pada kulit tipis dan berikan sedikit tekanan pada kulit yang lebih tebal (seperti telapak kaki). Hindari kulit yang memiliki ruam, cedera, atau infeksi.
  • Setelah menggosok semua bagian kaki, gosokkan seluruh lengan pada ketiak.
  • Setelah Anda selesai menggosok semua bagian tubuh, mandi dengan air dingin untuk menghilangkan lapisan kulit mati.
  • Keringkan tubuh, lalu sediakan pelembab alami seperti minyak kelapa.

Pilih produk perawatan yang tepat

Banyak orang fokus mencari cara yang tepat untuk mandi sehingga kulit mereka terlihat putih, tetapi mereka tidak memperhatikan produk perawatan yang digunakan. Bahkan, beberapa produk dapat dengan cepat mengeringkan kulit, mengelupasnya, menumpuk, menyebabkan kulit kusam.

Beberapa produk lain bahkan dapat menyebabkan iritasi dan beracun bagi kulit. Inilah pentingnya memperhatikan konten produk yang Anda gunakan. Batasi penggunaan produk perawatan, seperti sabun yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • parfum
  • paraben
  • ftalat
  • styrene
  • triclosan
  • Distilat minyak
  • hidrokuinon
  • resorsinol
  • p-phenylenediamine
  • talek

Gunakan uap aromaterapi

Penggunaan uap aromaterapi setelah mandi adalah cara mudah untuk membuat kulit lebih rileks, lembut dan putih. Karena aroma aromaterapi akan membuka pori-pori sehingga lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri.

Siapkan semangkuk air, handuk, dan minyak esensial favorit Anda. Isi baskom dengan 4-6 gelas air hangat, lalu tambahkan 2-3 tetes minyak esensial. Biarkan kelembapan menyentuh wajah Anda selama beberapa menit. Setelah itu keringkan wajah Anda dengan handuk.

Hindari mandi di air panas terlalu lama

Mandi dengan air panas memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mandi air panas terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga kulit terlihat kusam. Kotoran dapat masuk ke pori-pori terbuka.

Jika Anda ingin mandi dengan air panas, jangan melebihi 5-10 menit. Hindari pula mandi dengan air terlalu panas. Setelah 10 menit, bilas tubuh dengan air hangat dan segera keringkan dengan handuk.

Mandi dengan cara yang benar akan menjaga kulit bersih dari berbagai jenis kotoran sehingga terlihat lebih putih. Namun, pastikan Anda tidak terlalu sering mandi untuk mencegah kulit kehilangan kelembabannya.

Selain kamar mandi, Anda juga harus memperhatikan faktor lain yang mendukung kesehatan kulit Anda. Ini termasuk asupan vitamin dan mineral, memenuhi kebutuhan cairan, secara teratur menggunakan pelembab dan melindungi kulit dan sinar UV.

Baca juga :