5 Buah Terbaik Untuk Mengatasi Sembelit

Konstipasi adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Setiap orang telah mencobanya setidaknya sekali dalam hidup mereka. Salah satu penyebab sembelit yang paling umum adalah gizi buruk.

Tetapi ada juga beberapa kondisi medis dasar, seperti hipotiroidisme dan penyakit usus, hingga efek samping obat penghilang rasa sakit atau antidepresan. Karena itu, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui akar masalahnya.

Sambil menunggu program konsol, Anda bisa mengatasi sembelit dengan mengonsumsi lebih banyak buah segar yang kaya serat. Buah apa sajakah yang efektif untuk mengatasi gejala sembelit?

5 Buah Terbaik Untuk Mengatasi Sembelit

Serat adalah nutrisi utama yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Alasannya adalah serat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap air sehingga dapat melunakkan kotoran yang tersumbat di ujung saluran pencernaan.

Semua makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, mengandung serat. Ahli nutrisi dari Akademi Nutrisi dan Dietetika merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram serat untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria setiap hari.

Berikut adalah lima jenis buah yang kaya serat:

beri
Berry keluarga (stroberi, blueberry, blackberry) dapat membuat camilan sehat untuk mengatasi sembelit. Ketiganya adalah buah yang memiliki kandungan serat tinggi. Setidaknya 72 gram stroberi segar memberi Anda 2 gram serat. Blackberry dengan ukuran yang sama, menyediakan 3,8 gram serat, sedangkan raspberry menyediakan 4 gram serat.

Anda bisa memakannya utuh, dicampur dalam salad buah atau diiris seperti topping panekuk untuk sarapan.

Kiwi
Kiwi rata-rata mengandung 2,5 gram serat dan mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting untuk kesehatan usus. Sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa yang dilaporkan dalam Advance in Food and Nutrition Research menemukan bahwa konsumsi kiwi secara teratur menghaluskan frekuensi buang air besar. Hal yang sama ditemukan oleh penelitian para peneliti sebelumnya di Taipei. Mereka menemukan bahwa makan dua kiwi sehari meningkatkan frekuensi buang air besar pada orang dewasa yang mengalami konstipasi.

Plum, Pir dan Apel
Sembelit terkadang bisa membuat perut rileks dan sepertinya. Plum, pir, dan apel adalah pilihan buah top lainnya yang bisa Anda cemaskan di waktu luang Anda untuk mengatasi sembelit. Ketiga buah ini diperkaya dengan kandungan serat yang tinggi. Selain itu, plum, pir dan apel kaya akan pektin, yang secara alami diubah tubuh menjadi serat. Buah pir kecil dengan kulit memiliki serat 4,4 gram. Mengingat bahwa apel yang dipotong sedang dengan kulit memiliki 3,3 gram serat.

Jeruk
Jeruk besar mengandung empat gram serat dengan hanya 86 kalori. Buah jeruk juga mengandung flavonol yang disebut naringenin, yang berfungsi sebagai obat pencahar alami untuk membantu menyembuhkan sembelit.

Buah kering
Buah-buahan kering, seperti kurma, prem, aprikot, dan kismis, adalah sumber serat makanan lain yang dapat menyembuhkan sembelit. Plum kering khususnya sangat baik untuk membuang buang air besar karena tidak hanya mengandung serat tinggi tetapi juga mengandung sorbitol yang merupakan pencahar alami. Sorbitol adalah jenis karbohidrat dan memiliki struktur molekul yang mirip dengan gula.

Tetapi ingat: untuk benar-benar bebas dari sembelit, konsumsi buah yang kaya serat juga harus seimbang dengan asupan air yang cukup. Jika Anda minum lebih sedikit air, kelebihan serat justru bisa membuat gejalanya semakin buruk.

Baca Juga :